Sabtu, 01 Maret 2014

Lasagna

Anyone??
Siapa coba, yang bisa nolak ditawari seloyang lasagna yang panas, melted dan hmmm..full kejuuu. wanginya dan enaknya menari 2 on my mind.:D
Ini hidang special kami di wiken, luar biasa enak dan gampang bikinnya
tapiii..sekali mateng seloyang lheep

Nah berikut resep yang biasa aku pake ya...(dijamin ketagihan)
resepnya nyontek di Majalah Sedap Khusus Pemula edisi 11/XIV/2013  dengan sedikit modifikasi

Oke cekidot yah..

Lasagna

 Bahan :
-4 lembar lasagna (aku pake 2 lembar aja, ngirit)
-1 liter air untuk merebus
-1/2 sdt garam
-1 sdm minyak goreng
-75 gr keju mozarela (di foto aku pake keju quickmelt)

Bahan Saus daging :
-300gr daging giling
-2 siung bawang putih . cincang halus
-1/2 bawang bombay cincang halus (aku 3/4 butir)
-1/2 sdm terigu
-2 buah tomat, buang bijinya , cincang halus (aku pake 3 buah)
-2 sdm pasta tomat (aku ga pake)
-100 gr saus tomat (aku ga pake)
#sebagai gantinya aku rebus sebentar 4-5 buah tomat, kupas kulit arinya, blender halus dan saring)
-1 1/4 sdt garam
-1/4 sdt black pepper
-1/4 sdt gula pasir
-500 ml kaldu sapi (aku pake air biasa)
-1/2 sdt peterseli cincang (aku ga pake, ga punya..)
-1/2 sdt basil (aku ga pake, ga punya jugak..:)
-1 sdt oregano
-2 sdm minyak zaitun untuk menumis (aku pake minyak goreng biasa/margarine)

Bahan Saus Putih :
-1/4 bawang bombay cincang halus
-15 gr terigu
-1/2 sdt garan
-1/4 sdt lada bubuk
-1/4 sdt pala bubuk
-100 gr keju cheddar parut
-250 ml susu cair
-15 gr mentega tawar untuk menumis (aku pake margarine ajah)

Cara membuat :
1. siapkan loyang (pyrek) 22x14x4,5 cm yg dioles mentega. (aku pake pyrek sedanya di rumah)
2. didihkan air, masukkan garang dan minyak. Rebus lasagna sampe setengah matang. angkat tiriskan . Potong sesuai ukuran loyang.
3.saus daging, tumis bawang putih dan bawang bombay sampe harusm, masukkan daging giling sampe berubah warna. Tambahkan tomat. Tumis sampe layu
4.tambahkan terigu, aduk sampe berbutir masukkan saus tomat, pasta tomat, garam, black pepperdan gula pasir. aduk rata
5.tuang kaldu sapi, sedikit demi sedikit sambil diaduk sampe kental. Menjelang diangkay masukkan peterseli,  basil, oregano. Aduk rata.
6.Saus putih, panaskan mentega tumis bawang bombay sampe harum tambahkan terigu aduk sampe berbutir
7.tuang susu cair sedikit sedikit sambil diaduk sampai licin. Masukkan garam, m
lada bubuk, pala bubuk dan keju patur. aduk rata. masak sambil diadyk sampai meletup-letup dankental
8.tata lasagna di pinggan,dgn urutan lasagna saus dagung lasagna saus daging lasagna saus daging
9. tuang saus putih
, taburi keju mozarela.
11. oven dgn au bien mari ( diletakkan di loyang yg lebih besar yg diberi air)
12. oven dgn api bawah dgn suju 180 derajat selama 30 menit sampe kecoklatan.

Dijamin...belum sempat dingin dah tandas si nikmat lasagna


Tidak ada komentar:

Posting Komentar