Jumat, 06 Juli 2012

[Masih tentang] Bolu Gulung yang [hampir] berhasil

bolgul coklat by accident

Setelah percobaanku yg ke-6 dlm eksplorasi bolu gulung (halah..) yang hampir berhasil, ada temen yang minta dibikinin bolgul pandan juga. Aku sih ga bilang sanggup, Cuma aku usahain, tapiii..tau nggak sih GAGAL MANING..hahhahah

Jadinya malam itu aku bikin bolgul, emang udah berencana bikin 2 resep, 1 buat si temen cantikku dan 1 lagi buat orang rumah, ternyata oh ternyata..hasil pemanggangan yang pertama (percobaan bolgul ke-7) over bake, jadinya kering dan g bisa digulung..huwaaaaa……padahal udah paham sepaham pahamnya, klo manggang bolu gulung tipis g boleh terlalu lama..cukup 10-15 menit dengan suhu tinggi, nah mungkin ovennya kurang panas, shg dgn waktu 15 menit si bolu belum mateng..*dah kerasa deh mau gagal. Nah dari pada sakit atinya terlalu dalam..si bolu aku potong potong dioles selai dan ditumpuk lagi..hiihi..jadi deh bolu potong..

Tak mau terlalu terpuruk krn kegagalan bolu sebelumnya, aku ngocok telur lagi  untuk bolu berikutnya , dan berharap tidak gagal, ngocoknya dengan dzikir..wkkwkw. jadi catet ya pren yang ini percobaan bolgul ke-8 :P..dari hasil kocokan adonan kok ngerasa nih adonan terlalu encer..nah jangan jangan telurnya kurang ngembang tadi..huhhh..dan berpikir kayaknya gagal lagi deh..

Akhirnya aku panggang , dan kayaknya hasilnya oke..aku ganti ke api atas untuk ngeringin kulitnya, setelah kurasa kering kulitnya..(klo disentuh bunyi..peesss peesss..gitu) aku keluarin dari oven, diemin di Loyang kurleb 5 menit trus didinginin di wire rack sampe hangat, pindahin ke kertas roti oles selai dan gulung dan didiamkan..hembuskan napas..alhamdulillah berhasill…dan aku tinggal tidur..

EEiittss..tunggu dulu..jangan seneng dulu.. bangun tidur aku buka gulungan bolgulku..huwaaa…nangis gulung2..lha kok beberapa kulitnya nempel di kertas rotinya, hik hiks..akhirnya si bolgul aku potong2 masukin Tupperware di jadiin satu ama si bolu potong diatas..dan dibawa anak2 ke mbahnya di Surabaya..Dan..aku gtalk si temen cantikku klo hari itu aku  blm bisa bawain bolgul..Insyaallah besok
Nah..krn udah janjiin, mau g mau aku harus ngocok telur lagi nih sepulang kantor, bikin bolgul lagi..hihii. Belajar dari kegagalan terdahulu, dan berharap tidak terulang lagi..inget kan peribahasa..keledai tidak akan jatuh di lubang yang sama, tapi ternyata aku bukan keledai hihihi..buktinya masih gagal lagi gagal lagi..:D dan malam itu berhasil juga bikin tapi lupa bikin corak dikulit bolgul (percobaan bolgul ke-9)..Alhamdulillah janjiku tertunaikan juga..:))

Duuhh curhatku kepanjangan yah..iya deh maap maap..
Dah beberapa malam bikin kue buat temen2, Si daryl protes..”Ibu itu durhaka sama anaknya, kalo bikin kue mesti bikinin temennya, anaknya g pernah dibikinin..hihihi dapet dari mana nih anak kosa kata “durhaka” ini..Aku janjiin bikin kue si adek nanti malam, ternyata malam itu aku cuapek bukan main coz kudu muter2 sampe rumah udah jam 10 malem. Mundur lagi deh bikin kuenya..terus kamis kemaren (tgl 05 juli 2012) pulang agak telat coz kudu ngambil hasil lab, nyampe rumah jam 7an. Dan ga tau kenapa kok kepala pusing banget dan dingiin banget, nyampe rumah tiduran, akhirnya minta tolong emak panasin air buat mandi..trus sholat dan makan malem trus tidur lagi hehhehe.pusing..eehh pas enak2 tidur si daryl bangunin..ibu katanya mau bikin daryl kue..adek mau kue apa..dia ngambil buku bolgulku dan nunjukin minta dibikin Bolu Gulung triple chocolate..nah lho keren banget kan namanya..hihihi dan gambar di buku itu sungguh sungguh dan menggugah selera. Akhirnya walo dahh jam 10 malem lebih turun ke dapur deh, pdhl ama si abi dibilangin besok aja, udah malem,,tapi si adek ngambek, drpd ngambek gpp lah ngublek dapur di saat org2 pada tidur..

Si bolgul triple choco ini sebenar difilling choco ganache..dan aku pede ajah coz msh punya 1 box whipping cream bubuk, eeh ternyata setelah aku buka, udah menggumpal dan berubah warna, padahal tanggal daluwarsanya masih januari 2013, aku icip rasa sih g masalah, tapi daripada sakit perut mending aku buang aja, dan aku ganti butter cream rasa tiramisu..hihihi..
Kembali ke bolgul coklat (jadi ini adalah bolgul ke-10 ya sodara sodara..), dgn suksesnya mateng dioven dan kulit mulus yang cantik, dan selanjutnya sesuai SOP penggulungan bolgul (halah pake SOP segala..:P) sukses dan manis..setelah dingin aku buka gulungan untuk mengisi BC eeh lha kok pecah kulitnya..mosok gagal maningg..hiks..ahh akhirnya aku balik si bolgul (jdnya kulitnya di dalem) oles BC gulung lagi dan aku dinginkan di kulkas..paginya aku lelehin DCC dan butter trus celupin si bolgul ke coklat..hiihhi
Bangun tidur si adek Daryl  dan kakak Bila langsung nyomot sebiji..katanya enakk mantapp buk.. Alhamdulillah..
si kakak belum mandi numpang nampang:))

Agenda nanti malem bikin bolgul abon..doain berhasil ya prenss..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar