Kamis, 08 Maret 2012

Oenbitjkoek Pisang Keju

oenbitjkoek pisang keju

Pulang kantor kemaren..daryl langsung nagih..”ibuk kpn bikin kuenya??”

Duuh.. padhl cuapek n mata udah beraaatt banget..

Kebetulan pas lg “prei”..jd..lepas sepatu rebahan..ehh kebablas hamper setengah jam..heheh..alhamdulillah seger..trus mandi  jd makin seger..

Ceritanya knp daryl maksa minta dibikinin kue..
coz beberapa malem emaknya sibuk bikin pesenan..n g ada lebihnya sama sekali..
dia  protes..”ibu mesti bikinin temennya ajah..anaknya g dibikinin..”
Gubraks..

Lha tiap wiken kan udah dekk..yaah namanya juga anak2..:)

Okelah..kebetulan punya 2 buah  Cavendish yg udah over ripe..(ini yg bikin makin enak..wangiiii)
Dan punya gula palem yg udah lamaa banget nunggu diolah..
Klo begitu bikin oenbitjkoek aja..

Ini favorit orang rumah..daryl yang cheesy monster,
dan  abi yang banana monster (eh udah agak insap ding..coz menjaga kadar gula darah).
 Paduan pisang ambon yang masak sempurna dengan gula palem bnr bener kombinasi rasa yang passs..

Langsung deh bongkar amunisi nyari resep..
Kali ini aku pake resep Tabloid Saji edisi Sepetember 2009
Ini nih resep nya 

Bahan :
-5 butir telur
-120 gr gula palem (bisa juga diganti gula pasir)
-1/2 sdm emulsifier
-75 gr pisang ambon , haluskan (aku pake 1 bh pisang cavendish  besar  yg udah over ripe, n ga pake ditimbang )
-125 gr terigu protein sedang (segitiga)
-20 gr maizena
-1/2 sdt bumbu spekuk ( aku pake cinnamon powder, n bias dihilangkan kok)
-1/4 sdt baking powder
-75gr margarine dilelehkan
-25 gr keju parut untuk taburan (kadang aku g pake tapi atas cake aku oles pake coklat ganache)

How to :
-kocok  telur gula dan emulsifier sampe mengembang dan kental (kurleb 10-15 menit)
-masukkan terigu,maizena, bumbu spekuk,baking powder sambil diayak dan aduk rata (kalo aku tetep pake mixer dgn low speed, g canggih ngaduk soalnya..hehehe)
-tambahkan mentega leles berganitian dgn pisang halus sedikit sedikt aduk perlahan sampe rata(sekali lagi aku tetep pake mixer low speed)
-tuang diloyang loaf yg sudah diolesi margarine dan dilasi kertas roti (aku pake 2 loyang brownis uk 10x20x5)
-taburi keju parut dan panggang 25-30 menit dgn suhu 108 derajat celscius sampe matang

Daaannn oenbitjkoek pisang kejumu siap dihidangkan..
Eh tunggu dingin dulu yah..:P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar